Powered by Blogger.
RSS

Sudah "Itsar" kah kita?


Saya terinpirasi dari buku yang berjudul MUSLIM BUKAN INDIVIDUALIS (Bagaimana Menumbuhkan Kepekaan Nurani dan Solidaritas Sosial)Karangan: Amru Khalid

Kira-kira bagian dari buku ini berisikan motivator, ilmu dan banyak lainnya. Saya akan coba ringkaskan sedikit bingkisan ini. Muslim bukan individualis!Salah satu hal yang ajaib. Betapa tidak, pada hari ini kita melihat suatu fenomena yang cukup aneh, umat Islam seakan menjadi suatu umat yang seringkali senang hidup di dunianya sendiri dan nyaris tidak mau berinteraksi dengan orang lain.

Islam itu suatu keunikan tersendiri yang mencakup dimensi vertical dan horizontal, Habuimminallah dan Hablumminannas.. Dia mengatur banyak hal mulai dari yang kecil sampai yang kecil sekalipun. Islam adalah jalan keluar dan resep mujarab untuk mengelola kehidupan ini. Banyak contoh Aplikatif dari kehidupan rasulullah dan kehidupan orang sholeh yang bisa kita ambil manfaat agar hidup dalam Islam lebih bersemangat, tak hanya menjalani namun memberi arti pada orang lain mininal untuk keluarga. Efek luar biasa pada diri sendiri jika mampu kita aplikatifkan.

ITSAR (Mnedahulukan Kepentingan Orang Lain)

Dalam sebuah forum lepas, sebagian orangbertanya tanya, tentang apa yang akan saya bicarakan. Saya katakan, ” Saya akan berbicara sifat itsar”

Dengan terus terang, ada yang bertanya kepada saya, Apa maksud Anda?dan menjawab” Ada bagian dari akhlak islami yang menjadi jurang pemisah antara kita dengan para pendahulu kita.

Kata Itsar tidak ada sinonimnya dalam bahasa inggris ataupun dalam bahasa perancis. Akhlak islami tak akan banyak bisa ditemukan di negara-negara.

Hanya ada di “madrasah” Rasulullah

Yang dimaksud dengan itsar adalah: Anda mengutamakan saudara muslim daripada diri sendiri. Konkretnya, memberikan salah satu nikmat duniawi yang Anda miliki untuk saudara muslim, sehingga ia bersenang-senang dengannya, sementara Anda tidak merasakannya.

Jika kita katakan, “Amru beritsar kepada Khalid,” maka maksudnya adalah bahwa Maru lebih mengutamakan Khalid daripada dirinya sendiri, karena Amru menginginkan pahala akhirat.

Jalan menuju Itsar

Orang yang berpergian dengan menggunakan kereta api akan melewati beberapa tempat perhentian (stasiun transit), hingga ia sampai ke stasiun utama yang ia tuju. Nah, stasiun utama kita adalah itsar sementara tempat perhenian yang lain adalah beberapa contoh berikutnya. Setiap kali melewati tempat perhentian, maka akan semakin dengan ke statiun utama, akan tetapi, sekali-kali jangan lupa bahwa kereta api tidak akan bergerak tanpa bahan bakar.Dan bahan bakar itu adalah Dzikrullah..

Berikan Kepadaku, wahai Rasulullah..

Oleh sebab itu, hafalkanlah bahwa tujuan itsar adalah : Anda bahwa mengutamakan ridha Allah di atas ridha selainNya. Bergegaslah untuk merealisasikannya!

Dalam kitab Ihya’u Ulumiddin, Imam Al-Ghazali mengatakan, sifat itsar terdiri dari tiga tingkatan:
Pertama, Anda menempatkan orang lain seperti halnya seoarng pelaya, Anda memberikan sisa-siasa Anda kepadanya dan ini adalah tingkatan terendah.

Kedua, Anda menempatkan orang lain seperti diri anda sendiri. Apa yang Anda ambil, seperti itulah yang juga anda berikan kepadanya.

Ketiga, Anda menempatkan orang lain di atas diri anda. Anda lebih mengutamakan kebutuhannya daripada diri anda sendiri.

Manakah di antara tiga tingkatan ini yang anda pilih?

Kepekaan rasa

Perasaan yang muncul dari kejernihan jiwa, sehingga dapat memahami kesalahan, serta mampu menjaga diri untuk tidak terjerumus ke dalamnya, baik dengan pandangan mata maupun senyuman wajah.

Rasullah tidak pernah berkata,” Biarkan aku dalam kesendirianku. Aku sangat lelah seharian” .sangat banyak kisah yang bisa kita ambil ibrahnya.



Dan kita disini sudahkan itsar pada saudara kita, pada siapa pun..saya disini juga masih belajar untuk itu, semoga bisa membuat kita tambah peduli dengan orang sekitar kita, karena kita adalah makhluk sosial dengan bahasa latin "homo homoni lupus"

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Lari-lari kecil mengejar gerimis itu..


Senang sekali kelihatannya melihat kerumunan anak-anak berlari di depan pohon rambutan milik tetangga sebelah, senang sekaligus cemas karena berlarinya sampai ke atas pohon rambutan alias manjat menuju kemah pondok mungil bertengger disana...mmm..asyik memang kelihatannya..namun mereka semua masih sangat kecil untuk bisa menahan kalau-kalau kayu dan rantingnya patah..yah sudahlah..namanya anak-anak, jika di larang mereka akan tambah menjadi..sambil tersenyum cemas kuperhatikan mereka dengan tawa-tawa kecil yang keluar dari mulut ku..mereka sangat lucu sekaligus bandel sedikit..hanya satu hal yang ada di benak mereka..yang penting senang..hanya itu..

Sore itu..hari tidak terlalu mendung, namun cukuplah untuk bisa dikatakan kurang bersahabat, di tengah kesibukan anak-anak berlari dan memanjat pohon rambutan tetangga, secara tiba-tiba hujan turun gerimis, bukan kepalang senangnya mereka berteriak kegirangan melihat air yang turun kecil-kecil di atas pondok kayu yang mereka buat, sambil menampung dengan tangan mungil air-air itu..mmm..lagi-lagi..mereka...orang yang sama..anak-anak yang sama..

Tak apalah bagi mereka, tapi bukan bagi sebagian teman lainnya..saat hujan gerimis mereka berlari kencang..baju sudah mulai basah..lari-lari kecil mereka mengejar gerimis itu..dengan bekal setelungkup dua tangan mungil mereka untuk menampung air..indahnya..ntah apalah selajutnya yang akan mereka lakukan..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Penyembahan kami hanya untuk Mu..


Lantunan ayat-ayat cinta dalam dekapan mahabbah Mu..membawa kami selalu terpekur akan segala nikmat dan karunia yang engkau berikan, lepas segala dahaga kelelahan dan hangat telah berubah jadi kesejukan..Perlahan namun pasti kami akan selalu belajar untuk kehidupan ini, kehidupan dalam arti pertarungan antara dua sisi yang sangat bertolak belakang, mengisi bahkan membuang, bahkan mengejar dan menjauh. Kami dalam dua sisi pertarungan yang yakin kebenaran akan selamanya di atas, tak akan lebih..Rambu-rambu jalan telah berlalu kuning..terus merah..namun akan jalan terus dengan warna hijau nya..kami dalam perjalanan dua sisi pertarungan..untuk naik atau memilih turun tahta..di mata Mu..Allah..Kami dengan segala usaha akan berusaha jadi hamba yang ikut akan perintah dan petunjukMu..kaki memang akan terasa sulit..namun sudah janji Mu..jalan sulit untuk mencapai kemudahan..filosofi ini yang selalu memacu semangat-semangat kami..karena kami akan selalu sembahkan yang terbaik..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Alam dengan ranting tetap kokoh


awan-awan pagi sore tetap sama tersenyum menutup pasak bumi kokoh di sebelah sana, di bawahnya juga tak kalah indahnya terhampar luasnya sawah hijau yang mulai tanpak menguning dalam pelipis mata yang sudah mulai berkedip-kedip karena tepat di depat mata sang surya kokoh juga tersenyum menatap alam

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Dalam dekapan cinta Mu..


kadang sulit hati ini mengingat mu, namun jauh di lubuk hati ku engkau adalah penyembuh hati ku..sang pemilik jagat alam ini. engkau yang selalu menyinari jiwa-jiwa kami yang gersang ini, dalam dekapoan sujud panjang kami, engkau tak pernah luput walau kedipan mata..allah aku mencintai mu

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Indahnya bersyukur..


banyak syukur..banyak hikmah...banyak nikmat yang allah berikan..jika dihitung tak cukup mesin hitung pun untuk menghitungnya..dengan alat secanggih apapun itu..maka kita syukuri semuanya dengan harapan selalu memperbaiki diri..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Ini hari mu..mom


Kadang tersenyum, kadang bersedih, namun ku tau engkau bahagia untuk kami semua
Kadang bercanda, kadang menangis, tapi ku tau itu tangis bahagia untuk kami
Kadang berduka, kadang tertawa, tapi ku tau itu tawa untuk kami anak-anak mu
Kadang lelah, kadang santai, tapi ku tau semua adalah untuk kami anak mu...

Di hari spesial ini, kan ku berikan senyum paling indah untuk mu, karena ku tau ..
tak kan bisa ku balas jasa mu dengan apa pun..
Aku dan kami anak-anak mu..tak bisa ungkapkan kebahagian ini, selain cinta seluas samudra..untuk hari bahagia ini..dan selamanya..
Semoga selalu..rumah-rumah kita penuh cinta..
I love u mom..

( menyongsong hari ibu )

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Hasil Panen..


Ibnu Qayyim-rahima-hullah-berkata, "Tuhan itu ibarat pohon, bulan sebagai dahannya, hari sebagai rantingnya, jam sebagai daunnya dan nafas sebagai buahnya, maka, siapa saja yang nafasnya dipergunakan dalam taat kepada Allah, maka buah dari pohon itu akan menjadi baik, dan siapa saja yang nafasnya dipergunakan dalam maksiat, maka buahnya akan menjadi buruk. Panen dari buah itu akan dipetik pada hari kiamat, dan saat panen terjadi, buah yang manis atau pahit akan menjadi jelas"

Panen seperti apakah yang kelak kita inginkan, berawal dari perjuangan kita untuk menanam hari ini, besok dan besoknya lagi, besoknya lagi dan selanjutnya sesuai jatah waktu kita di dunia ini. Kita yang masih diberi Allah nafas dalam helaannya, kita masih bisa pisahkan Oksigen(O2)dari beragam jenis gas di alam ini, dan kita masih bisa gunakan nafas-nafas pemberian Allah untuk memanen buah-buah yang manis kelak, walaupun tak bisa kita pungkiri, semua butuh perjuangan yang sangat sulit. Semuanya butuh siraman, pupuk dan bahkan dikontrol setiap saat bahkan setiap helaan nafas kita. Semoga bisa memberi arti dalam setiap kehidupan kita..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Di sudut rumah kita..



Malam ini seperti biasa kami bercerita tentang masa depan, tepatnya masa depan saudara perempuan kami, ia yang sangat kami cintai, kakak dan sahabat bagi kami. Kini kami berbagi dalam suka dan cinta. Aku dan seorang adik, sibuk menyusun apa kira-kira yang dibutuhkan lagi untuk uni. Luar biasa kita bisa kumpul sama, karena biasanya hanya berdua, tak cukup bertiga. Sudut rumah kita lah yang jadi tempat favorit. Kecil memang, namun sangat nyaman bagi kami untuk bercerita tentang masa depan. Masa depan aku, adik dan uni..
Yah tepatnya sekarang bercerita dan berbuat untuk masa depan uni, perlahan kami mulai menepi.. Aku dan mereka dengan penuh cinta. Kita masih saja sibuk berbagi..
Subhanallah..indahnya malam ini, keluarga besar berkumpul di sudut rumah kami yang tak terlalu besar, untuk sebuah acara besar untuk uni ku tercinta, mengantarkan menggenapkan separoh Diennya. Semoga dimudahkan dan dilancarkan prosesnya, yang terpenting adalah ridho dari Sang pemilik hati-hati kita..
Kami disini tiga besaudara..menantikan keluarga baru berkumpul juga disudut rumah kita yang penuh cinta..dan suatu saat akan berbagi tentang masa depan..insyaallah..
(untuk uni ku tercinta..)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sahabat nurani..


Menulislah engkau wahai sahabat nurani..
Berlari bahkan setengah terengah-engah pun
Engkau lari dari batas waktu mu..
Namun teruslah menulis wahai sahabat nurani
Tembus angin-angin di debu padang malam itu..
Lari mengejar impian yang pasti..
Menulislah dengan pena hati mu..
Sampai batas yang engkau bisa
Hanyalah kertas yang bisa kau tuliskan..
Siap memberimu inspirasi..
Menulislah engkau wahai sahabat nurani..
Kejar gelombang yang terus bergulir..
Dalam desahan nafas yang selalu berarti..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Kesabaran Donat bertabur coklat..


Mmm..masih sibuk bergumam..manis..dengan kantong kresek putih berisi satu potong donat setengah besar, tepatnya donat ukuran sedang. Ambil pososi duduk di sebelah ku, anak gadis mungil yang sudah sebelumnya ku ceritakan, walau dengan kapasitas seadanya, ia selalu beramah tamah dengan ku, tak luput juga dengan kata-kata yang sulit ku mengerti..namun coba ku pahami maksudnya..Begitu juga ketika di bus, dengan asyik mengunyah donat pemberian ibunya, ia hanya sibuk memerhatikan laptop di pangkuan ku, walaupun sebelumnya ia tak tahu namanya, untuk selanjutnya, ketika bertemu dangan ku, ia asyik memainkan jarinya seraya menirukan orang yang sedang mengetik, ku tangkap maksudnya..yah..tertangkap sudah..maksudnya laptop ternyata..Namun jauh yang lebih menyita perhatian ku..disepanjang jalan hari ini adalah ia dengan relanya mengunyah donat coklat sambil memainkan coklat ditangan dan pipinya..Satu hal lagi yang membuat ku tersenyum..sebelum ia memakan donat itu..melihat pada ku dan dengan kata-kata"kakak matan tue?"maksudnya"kakak makan kue?Luar biasa, anak sekecil yang ada sedikit kekurangan itu, mengerti arti menawarkan, mengerti arti sopan santun, mengerti arti senyuman, mengerti arti rasa dan jiwa. Aku menjawab, terima kasih..silahkan dimakan..sambil tersenyum..Tak sekekar donat bertabur coklat yang dengan sabar digigit oleh Egita nama gadis tersebut..(Perjalanan sebuah kesabaran berbicara dengan terbata dan kesabaran keceriaan yang kadang sulit ku pahami..entahlah..)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Dalam Batas Kemajemukan..


Ada gadis muda yang bertanya pada ku, kira-kita maksud pertanyaannya seperti ini, " Bagaimana tindakan yang harus kita lakukan jika kita berada pada posisi yang sangat dalam batas kemajemukan?" begitulah kira-kira pertanyaannya. Aku terdiam karena tak terlalu paham maksudnya, atau mungkin aku yang sedang dalam batas tak paham dengan lingkungan..Pertanyaan yang menggantung tak bisa ku pecahkan..Namun akan kucoba selami dalam batas kemampuan ku menilai kemajemukan..

Berbicara kemajemukan, sering ku berpikir bahwa majemuk itu artinya banyak, dan bahkan sering bercampur. Namun bukanlah sama dengan banyak arti ilmu hukum yang diterangkan profesorku..bingung kalau mengartikannya, ada yang berpendapat bahwa hukum itu ilmu, dan aku sependapat bahwa hukum itu ilmu, seperti hukum Allah tentunya. Sekarang kemajemukan yang kulihat dari sekelilingku. Banyak sisi yang bisa ku ambil, walau sedikit, namun berarti. Berkata kemajemukan, misal majemuk menilai sebuah sikap atau majemuk menilai sebuah proses dan yang pasti kemajemukan itu ada rambu-rambunya. Kita berada dalam ranah kemajemukan, namun kita tetalah kita, punya prinsip, punya arah, punya tujuan..dan kita dalam batas kemajemukan itu berusaha menilai dan belajar dalam setiap hal kemajemukan yang ada. Abhkan kita bisa ambil sisi positif dan singkirkan sisi negatif dalam batas kemajemukan itu..

Kira-kira sedikit jawaban dari pertanyaan gadis muda, yang jadi jawaban bagi diri yang terus belajar tentang arti kemajemukan dalan proses perbaikan menuju sebuah proses kematangan hidup..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Momentum Tahun Baru..


Ia tumbuh, dari tunas yang masih segar, disirami air yang jernih
Lalu berkembang, terus bermetamorfosis menjadi sebuah kehidupan..
Lalu terus berkarya dengan segala keberdayaan yang ia punyai
Sekarang dan akan terus berkarya dalam kekuatan dan perjuangan..

Hidup begitu juga, akan terus bergulir, lalu jatuh, berdiri dan akan selalu berputar
berdasarkan kehendak perputarannya..
Dan waktu jugalah demikian, terus berjalan dengan cepat bagi yang terasa cepat..
akan lambat bagi yang merasa lambat..
Namun waktu tak kan pernah berubah dalam putarannya..
Ia akan terus menembus dinginnya malam, berlari menentang panasnya matahari..
Dan ia, waktu kan sampai pada masa momentum perbaikan diri, dalam balutan perjuangan dan kemenangan Islam..( Tahun baru Islam di hati-hati kita )

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Momentum Tahun Baru...

Ia tumbuh, dari tunas yang masih segar, disirami air yang jernih
Lalu berkembang

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Aroma durian di lapak-lapak jalan..


Mmm..aroma yang sedap, tapi bikin pusing klo lagi dalam bus. Kiri kanan ku lihat jalan, banyak duren..digantung oleh penjual duren..dengan tali plastik kokoh di depan lapak-lapak mereka...

Jalan payakumbuh - bukittinggi kira-kira tepatnya jalan raya piladang memang lagi panen durian kampung, yang aromanya luar biasa. Banyak mobil plat nomor BM yang parkir disana, dengan harga kisaran..30 ribu perbuah..cukuplah untuk ngisi kantong-kantong selera mereka, mungkin saja di pekanbaru sana lagi gak bersua dengan durian...

Mmm..aku kurang tertarik sebenarnya dengan aroma tersebut, namun yang membuat ku tergugah..ada bocah kecil yang duduk dipinggir jalan..dengan lapak seadanya menawarkan duren-duren yang telah mereka cari..dengan tampang lelah..mereka berharap ada yang bawa bayar duren mereka..semoga..(selintas di jalan piladang kala sore pulang ngantor)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sinar bergelimpang...


Kebesaran Illahi yang slalu memberi arti..
Panduan setiap hamba yang terus berjalan..
Menjadi jati diri yang hakiki..
Mereka masih saja berjalan, dihiasi sinar bergelimpang..
Memandu..mereka yang kadang lelah..
Teruslah..
Jangan mundur, berlari mereka mengejar mimpi..
Dengan sinar-sinar bergelimpang dari Mu..
Mereka akan mampu taklukkah..
Pasti bisa..
Kebesaran Illahi..jadi pandu mereka...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Budaya Kearifan


Santun..penuh hormat....
Salam yang selalu bergema dalam ruangan penuh cinta...
Dalam lantunan ayat-ayat cinta Mu..
Dalam harmoni penuh hikmah..
Dalam nuansa penuh kehangatan..
Bercerita tentang kehidupan..
Penuh harapan dan perjuangan..
Budaya kearifan..dalam balutan islam..
Salam yang selalu bergema dalam hati-hati kita..
Tak luput ia..bahkan tak lupa..
Dalam nuansa budaya kearifan hati..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS