Powered by Blogger.
RSS

Dalam Batas Kemajemukan..


Ada gadis muda yang bertanya pada ku, kira-kita maksud pertanyaannya seperti ini, " Bagaimana tindakan yang harus kita lakukan jika kita berada pada posisi yang sangat dalam batas kemajemukan?" begitulah kira-kira pertanyaannya. Aku terdiam karena tak terlalu paham maksudnya, atau mungkin aku yang sedang dalam batas tak paham dengan lingkungan..Pertanyaan yang menggantung tak bisa ku pecahkan..Namun akan kucoba selami dalam batas kemampuan ku menilai kemajemukan..

Berbicara kemajemukan, sering ku berpikir bahwa majemuk itu artinya banyak, dan bahkan sering bercampur. Namun bukanlah sama dengan banyak arti ilmu hukum yang diterangkan profesorku..bingung kalau mengartikannya, ada yang berpendapat bahwa hukum itu ilmu, dan aku sependapat bahwa hukum itu ilmu, seperti hukum Allah tentunya. Sekarang kemajemukan yang kulihat dari sekelilingku. Banyak sisi yang bisa ku ambil, walau sedikit, namun berarti. Berkata kemajemukan, misal majemuk menilai sebuah sikap atau majemuk menilai sebuah proses dan yang pasti kemajemukan itu ada rambu-rambunya. Kita berada dalam ranah kemajemukan, namun kita tetalah kita, punya prinsip, punya arah, punya tujuan..dan kita dalam batas kemajemukan itu berusaha menilai dan belajar dalam setiap hal kemajemukan yang ada. Abhkan kita bisa ambil sisi positif dan singkirkan sisi negatif dalam batas kemajemukan itu..

Kira-kira sedikit jawaban dari pertanyaan gadis muda, yang jadi jawaban bagi diri yang terus belajar tentang arti kemajemukan dalan proses perbaikan menuju sebuah proses kematangan hidup..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: