Powered by Blogger.
RSS

Negeri ini sedang sakit..


"Bak ikan kehilangan air" kata-kata yang sangat sering kita dengar di negeri ini, negeri yang sudah tak bersahabat lagi dengan penghuninya atau penghuninya yang tak lagi bersahabat dengan negerinya, silahkan kita temukan sendiri. Kalau saya lebih setuju dengan pernyataan kedua yakni "penghuninya tak lagi bersahabat dengan negerinya". Ntah itu dari segi tingkah laku maupun dari segi kepribadian serta cara berpikir. Ikan yang kehilangan air sudah tak mampu bertahan lama, kesulitan untuk hidup dan selalu dirudung kecemasan, itupun telah lama bertahan akan lelah juga. Yah, kecuali jika ada takdir lainnya untuknya.

Saya sedang tak berandai-andai namun memang kenyataannya negeri ini sedang kehabisan air untuk minum, kehabisan bahan bakar bahkan kehabisan sopan untuk sebuah kebenaran, negeri ini sedang sakit sabahat. Sakit yang berkepanjangan yang belum ada obatnya, negeri ini sedang dahaga sobat, sedang kering akan nurani.

Akankah kita larut dalam negeri yang tak sehat ini, atau malah kita yang tertular, ayo segera tambahkan imun mu dengan sebuah komitmen perjuangan untuk berubah. Akankah kita selamanya kehabisan air atau kelak kita akan kehabisan oksigen sehingga kesulitan untuk bernafas. Kita sebenarnya kehabisan sebuah kejujuran, kehabisan kata-kata bijak untuk memberikan sebuah kebijakan yang arif.

Saya lagi-lagi tidak sedang menghujan atau beretorika namun sedang bercerita pada negeri ini bahwa ikan telah kehilangan airnya, ia sudah kesulitan untuk hidup, ia telah rela menjual sebuah kebaikan dengan keburukan, ia telah pandai berkata curang untuk sesuap nasi.Yah..ya negeri ini sedang sakit, sakit yang amat parah dan sekarang helaan nafas ikan sudah sampai pada saat-saat yang sulit..mari kita kumpulkan tenaga, pikiran, jiwa untuk memberi semangkok air, seember, sepanci atau se luas apa yang kita punya, kelak ikan tak lagi kehabisan air..sehingga negeri ini tak sakit lagi..tak lagi kekurangan nurani kebaikan dan ketulusan..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: