Powered by Blogger.
RSS

Marhaban Ya Ramadhan..


Ada enam hal yang harus dipersiapkan menyambut Ramadhan, diantaranya:

1. Memperkuat iman, memperkokoh keyakinan karena yang dihimbau puasa hanyalah orang beriman. Keistimewaan puasa, ia berbeda dengan ibadah lain yakni puasa ibadah rahasia sedangkan ibadah lainnya digolongkan kepada ibadah zahir atau tampak. Yang ditegaskan disini adalah keimanan. Contoh: Imam Syafi'i selama setahun mendidik murid-muridnya hanya menanamkan iman, selanjutnya barulah mengajarkan tentang ibadah. Ketika Nabi Muhammad SAW berdakwah, setelah hijrah barulah datang perintah sholat yang merupakan ibadah, sebelumnya hanyalah ditegaskan iman.

Dari sejarahnya dalam pendidikan imam syafi'i, murid-murid akan mengikuti ujian, ujiannya sederhana saja, yakni di perintahkan untuk membawa masing-masing murid satu ekor hewan ternak sejenis unggas dan satu buah pisau. Keesokan harinya, diperintahkan bahwa ujian dilakukan selama dua jam, perintah dari guru adalah "sembelihlah hewan yang kalian punya dimana tidak ada kelihatan oleh siapa pun. Sehingga sibuklah murid-murid mencari tempat yang tersembunyi, ada yang lari ke semak belukar, ada yang lari ke sungai, ada yang mencari ruangan tersembunyi. Setelah berselang waktu dua jam, maka jam ujian telah berakhir. Dikumpulkan mereka, dengan hasil hanya satu orang lah yang hewan ternaknya tak jadi di potong. Kemudian guru bertanya, mengapa engkau tak menyembelihnya? padahal diberikan waktu selama dua jan, "Aku tau, bahwa tak ada tempat dimuka bumi ini untuk bersembunyi dari penglihatan Allah SWT..seketika sang murid yang seorang lah yang hanya mengerti tentang bahasan keimanan.

2. Memaafkan sesama, anak dengan anak, anak dengan orang tua, suami dengan istri. Sebagaimana yang telah kita ketahui sebelumnya, bahwa ketika Nabi Muhammad SAW sedang berkhutbah seraya bengucapkan amin sebanyak tiga kali, yang pada waktu itu malaikat sedang berdo'a, tidak akan diterima puasa yang mana, anak tidak bermaafan dengan orang tua, istri dengan suami dan antara sesama. Sebegitu pentingnya untuk saling memaafkan. Orang yang paling luar biasa adalah orang yang pemaaf.

3. Disunatkan untuk mendalami amaliyah ramadhan dapat berupa ceramah, pengajian dan sejenisnya, agar dapat dengan jelas menjalankan ibadah ramadhan.

4. Jauhi kebiasaan yang memberatkan dalam menyambut ramadhan, seperti tradisi yang tidak disunahkan.

5. Mengilmui segala sesuatu yang berhubungan dengan ramadhan, baik itu rukun, syart, sah dan tidaknya puasa serta satu hal yang perlu sama-sama kita ingat dan laksanakan adalah beramal dengan ilmu sehingga bisa lebih tenang untuk berpuasa dan ibadah lainnya.

6. Disaat ramadhan akan masuk disunatkan mengucapkan kata-kata selamat datang untuk ramadhan seperti Marhaban Ya Ramadhan..bergembira saat ramadhan datang karena janji telah jelas, siapa yang bergembira saat ramadhan datang, diharamkan jasadnya disentuh api neraka, gembira disini adalah gembira lahir dan bathin. Mari saudara ku semua kita sambut ramadhan dengan keikhlasan dan semangat untuk memperbaiki dengan ramadhan yang jauh lebih baik dan jauh lebih barokah..Amin Ya Rabb..Wallahu'alam..
( Menyambut Ramadhan with Gabungan Organisasi Wanita )

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Fathelvi Mudaris said...

Nayaaakuuu....oh iyaa Ada Ramadhan Award and Special Ramadhan Gifts For You. Di ambil ya Naya, di sini http://fathelvi.blogspot.com/2011/08/ramadhan-award-two-special-ramadhan.html

nia assyifa said...

iyaa..ipi..syukron..smg ramadhan penuh berkah dg syahrul qur'an..