Powered by Blogger.
RSS

Gudang Kesyukuran


Tentu sangat pernah sekali kita memasuki sebuah gudang, berisikan banyak benda yang beranekaragam, baik yang masih bisa dipergunakan ataupun yang tak bisa lagi dipergunakan. Minimal kita memasuki gudang kecil di rumah kita masing-masing yang digunakan untuk menyimpan benda-benda yang sudah sangat jarang digunakan.


Kalau dari definisi, tentu gudang ini memiliki makna yang bervariasi, namun jika boleh kita ambil pemaknaan yang lebih sederhana, kita akan memaknai gudang dengan istilah sebuah ruangan atau tempat yang digunakan untuk meletakkan, menyimpan benda, alat, barang yang sudah jarang digunakan ataupun masih sangat sering digunakan, kadangkala berisi mesin ataupun berbagai peralatan yang cenderung bersifat heterogen ataupun homogen. Misal, kita pernah mendengar gudang penyimpanan makanan, sudah jelas terdefinisikan dalam ingatan kita, akan berisikan makanan. Ada juga kita dengar gudang penyimpanan alat berat, tentu ruangan tersebut berisi alat atau mesin berat. Dalam pemanfaatan sebuah ruangan tersebut sangat efisien, bisa digunakan untuk apa saja, bahkan kecendrungan menampung segala jenis.

Baiklah sahabat, saya hanya menjadikan istilah di atas sebagai bahan renungan untuk kita bersama, pernahkah kita menjadikan diri sebagai gudang yang berfungsi sebagai pemberi dan penampung kesyukuran? Bahkan ketika kita mendapatkan nikmat yang banyak dalam gudang kehidupan kita, pernahkah kita mengisinya dengan kesyukuran? Ataupun mungkin sangat sering kitamendapatkan sesuatu yang tak kita inginkan sama sekali, tetapi ternyata kita melupakan untuk bersyukur, bahw apapun itu prosesnya tentu Allah SWT lebih tahu bagaimana cara mendidik kita.

Dimana letak kesyukuran kita selama ini, apakah hanya tersimpan di dalam etalase keangkuhan kita? atau hanya terpajang dalam senyum merekah tanpa makna kebaikan? atau mungkin saja, kita lupa bahwa sebenarnya kita punya syukur yang dalam di dasar hati kita yang tak pernah berkata bohong walau sedikit pun. Kita masih saja kurang bersyukur atas segala kendala dan ujian yang kita jalani karena kalaulah kita bedah lagi, ternyata kita bisa bertahan dan bersyukur adalah atas adanya ujian kehidupan ini. Sehingga sahabat, masih kurang apakah dalam hidup ini? yang membuat kita luput bersyukur atau memang gudang hati kita yang sedang bermasalah untuk bersyukur?

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: