Powered by Blogger.
RSS

Menjadi Ahlul Qur'an


Bahagia rasanya bisa bercakap-cakap dengan para hafidzhoh Qur'an. Tenang, santun dan ramah. Air mata yang turun karena takut atas kelalaian selama ini, air mata Zat yang menciptakan kita. Tetaplah ia sebuah tekad dan semangat untuk berkeinginan bisa menjadi ahlul qur'an. "Try and error"..jangan ragu, teruslah mencoba, ulangi terus, insyaallah bisa. Mahkotah yang akan kita pasangkan pada orang tua kita, pasti senang sekali bisa melakukannya. Insyaallah pasti bisa.

Sebagai bahan motivasi untuk kita, untuk menjadi penghafal alqur'an sangatlah mudah, tanamkan pikiran mudah, lalu lakukan dengan menyenangkan. Bikin tahapan dan target. Dari perbincangan saya dengan penghafal alqur;an yang telah hafal 30 juz..luar biasa..subhanalloh, hati ini bergetar dengan penuh cinta, ia hanya butuh waktu kurang dari dua tahun dengan bekal awal hafalan juz 30 dan surat Albaqorah sebanyak 2,5 juz. Bisa..bisa..lakukan..hanya cinta pada Robb lah yang akan mengantarkan kita pada cintaNya..

Berikut parameter seorang ahlul qur'an adalah pertama, minimal menamatkan membaca alqur'an 1 kali dalam sebulan atau maksimal 1 kali khatam dalam 3 hari. Kecendruangan kita yang hanya membaca alqur'an di waktu sisa, harusnya mesti ada waktu yang sudah ditentukan. Kedua, qiyamullail tiap hari,. Ketiga, qiyamullail dengan 1 juz minimal 1 pekan 1 kali. Keempat, Menambah hafalanqur'an minimal 1 juz dalam 1 tahun. Kelima, membaca tafsir alqur'an minimal 1 kali sepekan. Keenam, membaca do'a alquran 1 kali sepekan, sebanyak-banyaknya. Ketujuh, tadarus alqur'an bersama keluarga minimal 1 kali sepekan. Kedelapan, mengulang hafalan minimal 1 kali sepekan. Kesembilan, mengajarkan alquran minimal 1 kali sebulan. Kesepuluh, mentadaburi alqur'an minimal 1 kali sebulan. Kesebelas, mendengarkan bacaan alqur'an secara rutin. Keduabelas, membaca almatsurat pagi dan sore. Ketigabelas, membaca surat pilihan tiap pekan. Keempatbelas, sebelum tidur malam membaca surat al mulk. Kelimabelas, meneteskan air mata dengan alqur'an. Sahabat, mari kita telaah diri kita masing-masing, masihkah kita ingat dan selalu setia dengan alqur'an?

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: