Powered by Blogger.
RSS

Get Up Your Dream’s: Syorga


Selagi nafas terhembus, selagi kaki kita bisa melangkah dengan semangat, selagi masih Alloh swt beri kesempatan kita berbuat banyak maka lakukan semua itu dengan banyak membangun mimpi dan impian, sejatinya impian terbesar kita adalah masuk ke dalam JannahNya. Ya..masuk bersama-sama ke JannahNya. Banyak buku yang mencoba menjelaskan bagaimana syorga itu, namun yang pastinya seberapa bagusnya paparan yang di buku, jauh lebih bagus paparan yang sesungguhnya. Subhanalloh, mari kita bangun selalu mimpi itu dalam setiap helaan nafas kita. Mimpi untuk bisa membangun peradaban sehingga masuk berbondong-bondong ke dalam syorga Alloh swt.
Berbicara tentang syorga, tentu tak akan bisa ditafsirkan hanya oleh nalar semata, ia butuh luapan iman sesungguhnya. Ia berbicara tentang keyakinan dan kesungguhhan kita pada Zat yang telah menciptakan segalanya ini, termasuk yang menciptakan kita. Nanti akan coba saya relevan kan dengan beberapa hadits yang di kutip dari beberapa kumpulan hadits. Sekarang, marilah kita berselancar  jauh sekali, bertanya pada hati nurani terdalam kita, sudahkah kita merindukan masuk ke dalam syorgaNYa?kalau masih belum ada rasa rindu itu, maka perlu kita luruskan kembali, pada hakikat kehidupan kita akhirnya adalah ingin masuk ke dalam JannahNya. Pintu syorga yang tak hanya satu, yang dalam haditsnya jarak anatara dua daun pintu syorga selama 40 tahun perjalanan kehidupan ini. Subhanalloh, betapa luasnya syorga, daun pintunya saja sudah seluas itu. 

Berikut kutipan karya ibnul qoyyim al jauzy sumber: http://www.agussuwasono.com/e-book/e-book-islami/398-e-book-tamasya-ke-surga.html

“Naif sekali kalau kita mendambakan surga, tidak henti-hentinya berdo’a dan bekerja siang malam untuk meraihnya, namun kita tidak memiliki gambaran tentang surga. Padahal surga telah diterangkan Allah Ta’ala dalam Al-Qur’an dan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam dalam sunnahnya dengan transparan dan ia termasuk masalah aqidah yang harus diyaqini oleh setiap orang Mukmin. Bagaimana mungkin orang tertarik dan rindu pada surga, kalau ia tidak tahu apa sesungguhnya yang ia rindukan?”, demikian diantara kalimat yang disampaikan oleh penerjemah dalam mengantarkan buku karya Al-’Alamah Ibnu Qoyyim ini.

Selanjutnya untuk melukiskan isi buku yang penuh ilmu dan mengasyikkan untuk dibaca ini cukuplah kiranya kalau saya kutipkan apa yang tercantum di cover belakang edisi Indonesia buku ini, sebagai berikut:
Buku Hadil Arwaah ila Biladil Afraah (Tamasya ke Surga) ini, adalah hamparan kasih sayang Allah Azza wa Jalla yang tak bertepi. Dengan keluasan rahmat-Nya itu, seorang hamba yang memiliki iman sekecil atom atau dosa berkarat dimasukkan surga dan diberikan kekayaan sepuluh kali lipat raja-raja di dunia dengan syafa'at Ar-Rahman . Sebaliknya, sekalipun seseorang memiliki amal shalih sebanyak tujuh puluh nabi, tidak akan cukup baginya memasuki surga Ar-Rahman , jika hanya mengandalkan amalnya dan mencampakkan rahmat Allah. Sungguh kenikmatan-kenikmatan surga yang tidak sedikit pun terlintas dalam benak manusia dan tiada-tara bandingnya, tidak dapat dicicipi sekalipun dengan amalan Rasulullah SAW.



Bagaimana bisa dibayangkan, rumah penghuni surga yang dibangun Allah dengan Tangan-Nya sendiri berbentuk istana. Yang materi batu batanya emas dan perak, yang atapnya Arasy Ar-Rahman , yang pepohonannya dari emas dan perak sebening kaca; yang buah-buahannya lebih lembut dari keju dan lebih manis dari madu; yang sungai-sungainya mengalirkan susu, madu dan arak yang tidak memabukkan; yang kebagusan wajah penghuninya seperti rembulan dengan umur tiga puluh tiga tahun; yang kendaraannya kuda dan unta bersayap yang terbang mengantarkan kemana pun mereka suka; yang istri-istri mereka bidadari yang disucikan dan cantik jelita; dan segala kenikmatan yang tidak terbayangkan. Apalagi bila Allah menyingkap tirai-Nya, dan terlihatlah Wajah-Nya Yang Maha Agung sebagai nikmat nomor satu yang mengatasi segala nikmat di surga.

Itulah sekelumit gambaran dari enam puluh sembilan bab pembahasan surga terlengkap karya Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah Rahimahullah . Buku ini memuat banyak sekali hadits-hadits yang marfu' kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam , atsar-atsar mauquf para sahabat, misteri-misteri yang ada dalam ayat-ayat Al-Qur'an, kata-kata mutiara, penjelasan terhadap berbagai masalah dan penggugah terhadap prinsip-prinsip Asma' dan Sifat Allah Subhanahu wa Ta'ala .
Jika pembaca membacanya, maka imannya meningkat dan surga terlihat dengan sejelas-jelasnya olehnya. Seakan-akan ia menyaksikan surga dengan mata kepalanya. Buku ini mengantarkan orang-orang yang bernyali kuat kepada taman-taman indah di surga dan menuntun orang yang bersemangat tinggi kepada kehidupan asri di mahligai-mahligai megah di surga. Insya Allah, Andalah orangnya. Amin.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS