Powered by Blogger.
RSS

Menyempurnakan Sholat

Raga ini ibarat tak bertuan jika kita tak punya ruh dalam ibadah, kata-kata ini yang sering menusuk dalam diri yang hina dina ini, sehingga mari kita pelajari lagi, lagi dan lagi. Menyempurnakan sholat agar kelak raga-raga kita di hari penghisaban nanti bisa menjawab dengan ruh yang senantiasa terpaut dengan keimanan pada Alloh Azza wa Jalla.

Meyakini bahwa Alloh mewajibkan sholat kepada hamba-hambaNya dalam firmannya QS. Annisa ayat 103 yang berbunyi:
إِنَّ ٱلصَّلَوٰةَ كَانَتۡ عَلَى ٱلۡمُؤۡمِنِينَ كِتَٰبٗا مَّوۡقُوتٗا

“Sesungguhnya sholat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.” (an-Nisaa (4) : 103)

فَسُبۡحَٰنَ ٱللَّهِ حِينَ تُمۡسُونَ وَحِينَ تُصۡبِحُونَ

Allah berfirman: “Maka bertasbihlah kepada Allah di waktu kamu berada di petang hari dan waktu kamu berada di waktu subuh, dan bagiNyalah segala puji di langit dan di bumi dan diwaktu kamu berada pada sore hari dan diwaktu berada diwaktu zuhur.” (ar-Rum (10) : 18)
Setiap sholat kita harus penuh arti, harus sempurna, jangan asal-asal selesai saja, jika kita lihat kesibukan dunia yang melenakan memang tak akan pernah habis-habisnya, tingkalkan itu untuk sementara untuk menghadap padaNya dengan khusyuk, dengan penuh arti, dengan totalitas. Agar kelak ketika ditanya sudahkah engkau sholat?raga ini bisa menjawab sudah, yaitu raga yang dengan ruh menunaikan sholat-sholat yang wajib maupun sunat.
Tentu untuk sempurna kita perlu tahu dulu hukum-hukum dalam sholat, gali lagi, pelajari lagi, dari hal-hal kecil sampai hal-hal besar dalam sholat. Yakinkan dalam diri bahwa sholat ini adalah sholat yang terakhir sehingga akan senantiasa terus menyempurnakan sholat-sholat kita.
Tulisan ini adalah untuk hamba yang masih terus belajar, terus belajar dan menghisab diri yang lemah ini. Bismillah mari kita sempurnakan sholat-sholat kita, agar kelak ketika ditanya, Sudahkah engkau sholat?, maka raga ini sendiri yang akan menjawab setiap pertanyaan yang diajukan Alloh pada kita.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: